Source: http://www.amronbadriza.com/2012/10/cara-membuat-anti-copy-paste-di-blog.html#ixzz2PPDDF9mt OPIK AKHMAD TAUFIK CIREBON : SISTEM RESPIRASI

UCAPAN SELAMAT PUASA

KELAS X MIA 2

SISTEM RESPIRASI

SISTEM RESPIRASI






Sistem respirasi merupakan sistem pernafasan. Sistem respirasi terdiri dari alat-alat pernafasan, saluran pernafasan, dan proses pernafasan. Alat-alat pernafasan pada manusia terdiri dari hidung, trakhea, bronkhus, bronkhiolus, alveolus yang terdapat di dalam paru-paru manusia. Alat-alat pernafasan pada manusia tersebut membentuk saluran pernafasan pada manusia, dengan urutan adalah sebagai berikut:

hidung ---> trakhea ---> bronkhus ---> bronkhiolus ---> paru-paru 

Proses pernafasan pada manusia terdiri dari inspirasi dan ekskpirasi. 

 Inspirasi  ------------> difusi  ---------------->  ekspirasi

Inspirasi adalah masuknya oksigen yang berasal dari luar tubuh manusia ke hidung, yang selanjutnya menuju ke paru-paru manusia. Urutan masuknya oksigen dari hidung menuju ke paru-paru manusia adalah sebagai berikut:

hidung ------> trakhea -------> bronkhus -------> bronkhiolus -------> paru-paru

Ekspirasi adalah keluarnya karbondioksida yang berasal dari paru-paru menuju ke hidung yang selanjutnya dibuang ke luar tubuh manusia. 

Urutan keluarnya karbondioksida dari paru-paru manusia menuju ke hidung manusia adalah sebagai berikut:

alveolus ---------> bronkhiolus -----------> bronkhus ---------> trakhea --------> hidung

Difusi adalah proses pertukaran oksigen dan karbondioksida yang berlangsung di alveolus manusia. Oksigen yang terdapat di alveolus akan menuju ke kapiler darah. Karbondioksida yang terdapat di dalam pembuluh darah akan menuju ke alveolus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar