Source: http://www.amronbadriza.com/2012/10/cara-membuat-anti-copy-paste-di-blog.html#ixzz2PPDDF9mt OPIK AKHMAD TAUFIK CIREBON : SISTEM PEREDARAN DARAH

UCAPAN SELAMAT PUASA

KELAS X MIA 2

SISTEM PEREDARAN DARAH

SISTEM TRANSPORTASI
ATAU
SISTEM PEREDARAN DARAH




Sistem transportasi atau sistem sirkulasi adalah sistem peredaran darah yang terdiri dari jantung dan pembuluh darah. Jantung berfungsi untuk memompa darah dan selanjutnya darah tersebut akan mengalir ke pembuluh darah yang membentuk sistem peredaran darah. Sistem peredarah darah pada makhluk hidup terdiri dari 2 bagian, yaitu sistem peredaran darah terbuka dan sistem peredaran darah tertutup. Pada sistem peredaran darah terbuka ini darah mengalir di luar pembuluh darah. Pada sistem peredaran darah tertutup ini darah mengalir di dalam pembuluh darah. Sistem peredaran darah tertutup terdapat pada manusia. Sistem peredaran darah pada makhluk hidup juga terdiri dari 2 bagian, yaitu sistem peredaran darah tunggal dan Sistem peredaran darah ganda. Pada sistem peredaran darah tunggal ini darah mengalir satu kali melewati jantung. Pada sistem peredaran darah ganda ini darah mengalir dua kali melewati jantung. Sistem peredaran darah tunggal terdapat pada ikan. Sistem peredaran darah ganda terdapat pada manusia. Urutan darah yang beredar pada sistem peredaran darah ganda manusia adalah:


Jantung --- seluruh tubuh --- jantung --- paru-paru --- jantung.




Terdapat 2 macam pembuluh darah, yaitu Arteri (pembuluh nadi) dan Vena (pembuluh balik). Arteri berfungsi untuk membawa darah dari jantung menuju ke seluruh tubuh. Vena berfungsi untuk membawa darah dari seluruh tubuh menuju ke jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar