Source: http://www.amronbadriza.com/2012/10/cara-membuat-anti-copy-paste-di-blog.html#ixzz2PPDDF9mt OPIK AKHMAD TAUFIK CIREBON : SISTEM PENCERNAAN MAKANAN

UCAPAN SELAMAT PUASA

KELAS X MIA 2

SISTEM PENCERNAAN MAKANAN


SISTEM PENCERNAAN MAKANAN






Sistem pencernaan makanan (Sistem Digesti) pada manusia merupakan sistem yang diawali dari mulut sampai anus manusia. Sistem pencernaan makanan pada manusia terdiri dari alat-alat pencernaan makanan, saluran pencernaan makanan, dan proses pencernaan makanan.

Alat-alat pencernaan makanan pada manusia terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus (dubur) yang merupakan bagian terakhir dalam sistem pencernaan makanan pada manusia. Alat-alat pencernaan makanan pada manusia tersebut akan membentuk saluran pencernaan makanan pada manusia, dengan urutan adalah sebagai berikut:

mulut-->kerongkongan-->lambung-->usus halus-->usus besar-->anus (dubur)


Proses pencernaan makanan pada manusia terdiri dari pencernaan fisik (pencernaan mekanik), pencernaan kimiawi (pencernaan enzimatik), dan pencernaan biologis.


Pencernaan fisik (pencernaan mekanik) adalah proses pencernaan makanan yang dibantu oleh alat-alat pencernaan makanan, contohnya adalah proses pencernaan makanan yang berlangsung di dalam mulut manusia. Proses pencernaan makanan yang berlangsung di dalam mulut manusia tersebut dibantu oleh gigi manusia. Contoh lainnya adalah proses pencernaan makanan yang berlangsung di lambung manusia. Proses pencernaan makanan yang berlangsung di lambung manusia tersebut dibantu oleh otot-otot lambung manusia. 

Pencernaan kimiawi (pencernaan enzimatik) adalah proses pencernaan makanan yang dibantu oleh enzim-enzim pencernaan makanan, contohnya adalah proses pencernaan makanan yang berlangsung di mulut manusia. Proses pencernaan makanan yang berlangsung di mulut manusia tersebut dibantu oleh enzim ptialin yang terdapat di dalam mulut manusia. Contoh lainnya adalah proses pencernaan makanan yang berlangsung di lambung manusia. Proses pencernaan makanan yang berlangsung di lambung manusia tersebut dibantu oleh getah lambung manusia.  

Pencernaan biologis adalah proses pencernaan makanan yang dibantu oleh mikroorganisme, contohnya adalah proses pembusukan sisa-sisa makanan yang berlangsung di usus besar manusia. Proses pembusukan sisa-sisa makanan yang berlangsung di usus besar manusia tersebut dibantu oleh Bakteri E. coli

Proses pencernaan makanan berlangsung dari mulut sampai anus. Proses menghaluskan makanan dengan bantuan gigi berlangsung di mulut. gerak peristaltik berlangsung di kerongkongan. Proses bercampurnya makanan dengan getah lambung berlangsung di lambung. Proses penyerapan sari makanan berlangsung di usus halus (di bagian ileum). Proses pembusukan sisa makanan dan pengaturan kadar air pada sisa makanan berlangsung di usus besar. Proses pembuangan atau pelepasan sisa makanan berlangsung melalui anus atau dubur manusia. 

Proses pembuangan atau pelepasan sisa makanan yang berbentuk padat yang berlangsung melalui anus atau dubur manusia dinamakan proses defekasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar